- Back to Home »
- 2.2.1 Sejarah Hacker
Posted by : Unknown
Kamis, 01 Mei 2014
Hacker muncul pada tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artificial Massachussets Institute Of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi computer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata “hacker” pertama kali muncul dengan arti positif untuk memberi menyebut seorang anggota yang mempunyai keahlian dalam bidang computer dan mampu membuat program computer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama.
Tahun 1983, analogi hacker semakin
berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan
menguasai system computer. Pasalnya pada tahun tersebut pertama kali FBI
menangkap kelompok krimunal computer The 414s yang bebasis di Milwaukee AS. 414
merupakan kode area local mereka. Kelompok tersebut dinyatakan bersalah atas
pembobolan 60 komputer dari computer milik Pusat Kanker Memorial
Sloan-Kettering hingga milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Perkembangan
selanjutnya ada kelompok yang menyebut dirinya sebagai hacker, padahal bukan.
Mereka yaitu terutama para pria dewasa yang mendapat kepuasan lewat membobol
computer dan mengakali telepon (phreaking).
Hacker sejati menyebut kelompok ini
“cracker” dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker sejati memandang cracker
sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Hacker
sejati tidak setuju jika menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker.
Para hacker mengadakan pertemuan setiap tahun sekali pada pertengahan bulan
Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan hacker terbesar di dunia tersebut dinamakan
Def Con. Acara tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi
yang berkaitan dengan aktivitas hacking. Dari pernyataan di atas munculah
pertanyaan siapa sebenarnya yang disebut hacker dan siapa yang di maksud
cracker ? Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang
bermanfaat kepada jaringan computer, membuat program kecil dan membagikannya
dengan orang – orang di internet. Sebagai contoh “digigumi” (Grup Digital)
yaitu sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan
computer.
Digigumi memggunakan teknik – teknik
hexadecimal untuk merubah teks yang terdapat di dalam game. Contonya game
Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat dirubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh
karena iti, status digigumi adalah hacker bukan sebagai perusak. Hacker disini
artinya mencari, mempelajari, dan mengubah sesuatu untuk hobi dan pengembangan
dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para
hacker melakukan penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik.
Rata – rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet)
memiliki hacker yang bertugas menjaga jaringan dari kemungkinan perusahaan
pihak luar atau para cracker, menguji keamanan jaringan dari lubang keamanan
yang memungkinkan para cracker mengobrak – abrik jaringannya.
Contoh perusahan yang menggunakan
hacker yaitu perusahaan asuransi dan auditing Price Waterhouse dengan nama
Tiger Team. Mereka juga menguji sistem sekuriti client mereka. Sedangkan
cracker merupakan sebutan untuk mereka yang memasuki sistem orang lain dan
mempunyai sifat destruktif. Biasanya di jaringan kkomputer, membypass password
atau lisensi program computer, sengaja melawan keamanan computer, mendeface
(merubah halaman muka web) orang lain bahkan sampai menghapus data orang lain,
mencuri data untuk keuntungan sendiri, maksud jahat atau karena ada tantangan.
Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan
sistem.